Makanan tradisional khas bandung

 

Makanan khas bandung yang enak

Bandung  merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan. Sedangkan wilayah Bandung Raya (Wilayah Metropolitan Bandung) merupakan metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jabodetabek.

Di bandung banyak terdapat makanan khas yang rasanya sangat luar biasa, dengan kelezatanya lidah anda akan merasakan kenikmatan yang luar bisa dan bisa membuat ketagihan.

Patut di coba ketika anda berlibur ke bandung untuk mencicipi berbagai makanan yang menjadi ciri khasnya, banyak sekali makanan khas di bandung yang sangat enak.

Jangan heran bila anda ketagihan untuk mencicipi kesekian kalinya karena aroma rasanya sangat sangat sedap dan menggoda.

Berikut 5 makanan favorit daerah bandung yang patut anda coba.

1. Surabi


Makanan yang satu ini emang selalu mendapat tempat di hati dan lidah penikmatnya. Ya, meski banyak juga makanan-makanan yang lebih modern, tapi surabi tetep punya tempat. Nah, kalo ngomongin soal surabi, udah pasti Bandung-lah yang jadi surganya surabi enak.

Sampai saat ini surabi banyak di minati dan banyak juga aneka ragam rasanya yang sangat memanjakan lidah anda ketika mencicipinya.

2. Cimol ( Aci di gemol ).


Cimol adalah nama singkatan daeri “aci di gemol”, makanan yang terbuat dari bahan dasar kanji (tepung), dan dibentuk bulat kecil sedemikian rupa serta nanti akan mengembang sendiri, jika digoreng.

Cara pembuatannya pun tidak terlalu susah karena bahan bahan yang digunakan untuk membuatnya sangat sederhana karena dengan tepung saja kita bisa membuat makanan yang luar biasa enaknya, apalagi jika ditambahkan pedes yang banyak , wah itu akan membuat mulut kita seperti terbakar, tetapi walaupun begitu cimol sangat keterkaitan dengan pedas, karena dengan ditambakah pedas kedalam cimol akan terasa lebih kenikmatannya.

3. Nasi Tutug Oncom


Makanan yang satu ini sangat cocok dengan namanya yaitu nasi tutug oncom yang keseluruhannya terselimuti oleh oncom,  dengan bahan oncom dan diberi sedikit tepung tapioka dan diolah ddengan cara di bakar.

Rasanya yang sangat mantap mampu membuat lidah yang memakanya tergoyang goyang dengan kenikmatannya nasi tutug oncom.

Patut di coba ketika anda berlibur ke bandung untuk mencicipi makanan yang enak ini, rasanya kalau anda belum nyoba makanan yang satu ini anda termasuk kurang gaul.

4. Cilok ( Aci di colok )


Makanan berikutnya yang patut di coba adalah cilok atau “Aci di colok”, Makanan ini terbuat dari tepung aci yang di bentuk bulat seperti baso.

Cilok biasanya terdapat di pinggir pinggir jalan dengan menggunakan gerobak, harganya yang murah dengan rasa yang sangat enak banyak di gandrugi oleh para pemebeli.

5. Peuyeum

Peuyeum ini salah satu makanan khas kota Bandung yang sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Bila kamu belum familiar dengan makanan yang satu ini, apa itu peuyeum?

Peuyeum adalah makanan yang mirip dengan tape, namun perbedaannya adalah peuyeum ini lebih kering, dikarenakan cara membuatnya itu beda banget. Dalam penyajiannya, kamu dapat mencoba peuyeum dengan toping keju atau coklat dan bisa mencoba variasi yang lainnya.